Kamis, 24 Januari 2019

JANGAN MENYAKITI BILA TIDAK INGIN MEMBELI.

📚 KISAH 1

A: Bu, saya ada mukena nih. Bagus-bagus deh. Lagi trend mukena kayak gini..(sembari mulai gelar dagangan setelah acara arisan selesai)

B: Wah..iya cakep nih. Pas saya lagi cari mukena..(beberapa ibu lain ikut berkerumun)

C: Berapa bu harganya?

A: 150 ribu saja bu

B: Boleh nyicil ga nih?

A: Boleh deh bu ambil sekarang bayarnya bulan depan.

D: Kok mahal amat 150ribu? Di onlen shop mukena kayak gini paling cuma 130 ribu. Free ongkir.

A: Mungkin bahannya beda bu.

D: Ah, sama kok. Temen saya baru beli persis kayak gini cuma 130 ribu.

C&B: Waduh ga biasa belanja onlen. Ga tau caranya.

D: Ih gampang banget kok bu. Nanti saya ajarin. Yang penting punya rekening bank.

C: Boleh bu..ajarin. Pengen juga belanja onlen.

D: Ya bu. Kalo di onlen kan lebih murah mereka ga sewa toko. Pilihannya juga banyak.

Ibu A membereskan dagangannya. Tak apa. Belum rejeki. Semoga besok ada yang beli.

📚 KISAH 2

Di sebuah kantor saat jam istirahat.

X: Temen-temen aku jualan kue kering nih. Ada yang mau beli atau pesan ga? Banyak macamnya.

Y: Ada tester ga?

Z: Iya. Testernya dong. Supaya yakin kalo enak.

X termenung sejenak. Sebenarnya dia tak punya bujet untuk tester. Tapi..

Y: Gimana ada testernya ga? Buka aja satu yang kue coklat tuh.

Z: Sama nastar. Kalo enak aku beli deh.

Akhirnya X membuka 2 stoples kue. Diletakkan di meja kerjanya. Ga sampai satu jam tester habis. Beberapa rekan lain ikut mencicipi.

Y: Aku ga jadi pesen ya. Kurang cocok dengan seleraku. Kue coklatnya keras.

Z: Iya. Nastarnya juga ga enak. Selainya asem.

X diam saja, hanya membatin. Katanya ga enak, tapi bolak-balik nyomot tester. Sudahlah. Belum rejeki.

#Kalau tak mau membeli, janganlah menyakiti.
Tak akan hilang rejeki hanya karena membeli dagangan teman yang sedang membutuhkan.

Plis...lembutkan hati
Kalau tak mau membeli
Sungguh..
Janganlah menyakiti

#kisahnyata
#tapibukankisahsaya
#belajarsantun
#bolehcopas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar